kumpulan tempat-tempat wisata di Bantul yang wajib dikunjungi.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

sentra wayang pucung



PUCUNG merupakan sentra kerajinan tatah sungging kulit, khususnya wayang yang berlokasi di Dusun Karangasem, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tatah berarti mema­hat, sedangkan sung­ging artinya mewarnai. Jadi, tatah sungging adalah proses memahat dan mewarnai pada suatu media. Di Pucung, media yang digunakan adalah kulit sapi dan kerbau. Kulit-kulit ini lah yang nantinya dibuat menjadi wayang.

Di kawasan ini terdapat 830 perajin dan 51 Industri Kecil dan Menengah (IKM). Dalam sebulan mampu memproduksi wayang kulit hingga turunan produk lainnya seperti  kipas sampai gantungan kunci. Kualitas wayang kulit yang dihasilkan dibedakan halus, sedang dan kasar. Semakin halus  kualitas wayang, akan semakin mahal pula harganya. Fakta lainnya, para perajin wayang umumnya mampu membuat aneka turunan  produk kulit. Sebaliknya, perajin kap lampu, gantungan kunci atau kipas belum tentu bisa membuat wayang karena membutuhkan  keahlian khsusus. Harga wayang kulit sekitar Rp 10 juta sampai ratusan juga rupiah yang umumnya pesanan khsusus dari  wisatawan atau penggemar wayang kulit dari luar negeri. Umumnya hasil karya perajin di ekspor ke Belanda, Australia, Jerman sampai Selandia Baru.
Perajin mulai membuat wayang medium ukuran 30 cm agar mudah dibawa langsung para penggemarnya. Melalui paguyuban warga setempat akan dibuat 'show room' bersaama sehingga memudahkan pemasarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]